Wisata Pantai Mangrove Medan

pantai mangroveBerwisata bukan hanya jalan-jalan semata, berwisata akan lebih menyenangkan apabila bisa berkesan dan pastinya mengandung nilai edukasi, berwisata sekaligus edukasi, why not? Jika Anda pergi ke Medan cobalah untuk mampir ke Desa Sei Nagalawan, Perbaungan Kabupaten Serdang Bedagai. Disini ada satu pantai yang dikenal dengan pantai ini Kampung Nipah. Disinilah Anda akan merasakan liburan sekaligus mendapat wawasan baru disini.

Lokasi Pantai Mangrove Kampung Nipah

Lokasi pantai ini sangat mudah ditemukan, bagi Anda pengguna GMaps langsung saja ketikan “Pantai Mangrove” disitu nanti akan langsung muncul. Dari kota Medan ke Pantai ini Anda hanya butuh waktu kurang lebih 2 jam perjalanan. Untuk kondisi jalannya sendiri sudah cukup baik dari pada tahun sebelumnya, dan Anda bisa menggunakan kendaraan roda empat atau bisa juga dengan kendaraan roda dua.

Sejarah Pantai Mangrove Kampung Nipah

Dahulu, warga kampung Nipah yang sebagian besar mata pencahariannya sebagai nelayan merasa sangat kesusahan dalam mencari ikan, disinilah warga kampung Nipah mulai berinisiatif menanam pohon Mangrove disepanjang pantai. Hasilnya, warga kampung Nipah kini mendapatkan apa yang diinginkan. Hasil tangkapan ikan dan kepiting pun melimpah dan yang terpenting dari itu semua ialah keadaan pantai yang aman dari bahaya abrasi. Pohon Mangrove atau pohon bakau adalah pohon yang memang bisa menahan gelombang abrasi dan hal ini juga menurunkan resiko pengikisan pantai itu sendiri.

 

Fasilitas

Disini, selain kita bisa menyaksikan pemandangan eksotis dari pantai Mangrove, Anda juga bisa menanam langsung sendiri bibit bakau yang dipandu dari pihak pantai. Selain itu, Anda juga bisa melihat proses produksi pengelolaan bahan makanan yang mengggunakan bahan dasar dari pohon bakau itu sendiri. Ini adalah produk makanan khas dari warga kampung Nipah sendiri dan diproduksi secara home made. Selain itu, jika Anda ingin menginap disini, disediakan juga home stay bagi para wisatawan yang ingin bermalam disini. Home stay ini pun juga dikelola oleh penduduk setempat, pastinya dengan harga terjangkau.

Wisata Kuliner Ala Kampung Nipah

Rasanya tidak lengkap jika jalan-jalan tanpa menikmati wisata kuliner khas daerahnya, kan? Disini wisatawan bisa menikmati ikan bakar, tentunya dengan memesan terlebih dulu, karena cara memasaknya masih sangat tradisional jadi membutuhkan waktu sedikit lama. Makanan lain yang ditawarkan ada kepiting asam manis, udang goreng, dan makanan laut lainnya. Hmm.. Membayangkannya saja pasti menyenangkan, ya. Menyantap hidangan laut yang fresh di pinggiran pantai ini. Pastinya ini merupakan momen yang gak akan terlupakan, ya.

Itulah beberapa informasi tentang pantai ini yang kami, pihak Emma Travel sampaikan untuk Anda. Ingin menambah destinasi wisata ini dalam tour murah ini Tentu bisa, Anda bisa langsung menghubungi kami pada kontak yang telah tersedia.  Selamat week end, semoga hari Anda semua menyenangkan.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,